Refleksi 07 November 2024
Kehadiran guru di kelas pada awal pembelajaran memang sangat krusial dalam membentuk karakter siswa.
Berikut beberapa yang mungkin dapat menjadi penguat kita sebagai guru serta kondisi nyata di SMKN 9 Surakarta :
Dengan kehadiran guru sebelum waktu/tepat disaat bel berbunyi dapat
Membangun Hubungan Positif: Kehadiran guru sejak awal memberikan sinyal bahwa pembelajaran adalah hal yang penting dan guru peduli terhadap siswa. Ini membantu membangun hubungan yang positif antara guru dan siswa, menciptakan suasana belajar yang kondusif.
Menciptakan Rutinitas: Dengan selalu hadir di awal, guru menciptakan rutinitas yang baik. Rutinitas ini memberikan rasa aman dan kenyamanan bagi siswa, sehingga mereka lebih siap untuk belajar.
Menunjukkan Keteladanan: Guru adalah role model bagi siswa. Kehadiran guru yang tepat waktu menunjukkan sikap disiplin dan tanggung jawab yang baik, nilai-nilai yang perlu dicontohkan kepada siswa.
Menciptakan Suasana Belajar yang Aktif: Guru dapat langsung memulai kegiatan pembelajaran, memberikan instruksi yang jelas, dan memotivasi siswa sejak awal. Ini membuat siswa lebih terlibat aktif dalam proses pembelajaran.
Memberikan Peluang untuk Berinteraksi: Awal pembelajaran adalah waktu yang baik bagi guru untuk menyapa siswa secara individual, menanyakan kabar, atau memberikan penguatan positif. Interaksi ini membantu siswa merasa diperhatikan dan didukung.
Secara singkat, kehadiran guru di awal pembelajaran adalah fondasi penting dalam membangun karakter siswa yang disiplin, bertanggung jawab, dan memiliki motivasi belajar yang tinggi.
Berikut kondisi di SMKN 9 Surakarta, terhadap Kehadiran di kelas khususnya pada Jam pertama, dan semoga kita bisa berusaha menuju yang terbaik dalam pelayanan terhadap siswa.
Refleksi Senin 28 Oktober 2024
Laporan Ruang 22 terdapat kursi yang ditumpuk seperti video berikut
Setelah kita lakukan pengecekan dan pembacaan data, ruang tersebut merupakan Blok Jurusan Animasi, dan terjadwal untuk kelas 12, yang berarti ruang tersebut tidak digunakan pembelajaran.
Sesuai usulan dari pengusul, untuk dilaporkan di tim sarpras dalam dalam pengelolaan, Karena Siswa melaksanakan PKL
namun sebenarnya hal ini merupakan tugas kita bersama, antara lain :
Bagaimana siswa tidak ada kesempatan melakukan hal tersebut?
Saat siswa pembelajaran berakhir siswa langsung pulang,
jika ada kegiatan ekstra, dipastikan ada pembimbing dari guru
hal ini juga sejalan dengan adanya laporan dr bbrp guru khususnya pada jumat kmarin, terdapat 1 pasang siswa-siswi di Ruang UKS, dikesempatan lainnya... ada laporan ........
Solusi sementara Ruang 22 : Sudah di rapikan oleh siswa pada hari ini
Kondisi Laporan Guru dari Ruang 22
Kursi Setelah dirapikan oleh siswa
Polling Penguatan Karakter Siswa yang belum optimal, diperlukan Komando yang intensif dan pembagian tugas yang terpantau. serta pembinaan jika tidak sesuai.
Kehadiran dikelas
Kepedulian Kelas
Nasionalisme Indonesia Raya dan Religi Doa Bersama
Kedisiplinan
Dengan kondisi yang ada dan Upaya yang belum maksimal oleh seluruh pihak, maka yang terjadi saat ini dapat digambarkan seperti pepatah berikut :
"karena nila setitik, rusak susu sebelanga"
yang artinya kesalahan sekecil apapun dapat berdampak luas pada citra seseorang atau organisasi secara keseluruhan.
"Nilai setitik" adalah bagian dari peribahasa, Kondisi saat ini tidak setitik.. khususnya pada kegiatan Penguatan karakter Pagi hari ini.
Guru kencing berdiri, murid kencing berlari: murid biasanya bulat-bulat mencontoh gurunya, maka guru sebaiknya jangan memberikan contoh yang buruk.
menjadi tokoh panutan di masyarakat/pejabat negeri hendaknya jangan sampai memberi contoh yang buruk.
jika seorang pemimpin berbuat buruk, maka pengikut-pengikutnya akan berbuat lebih buruk daripada yang dilakukan oleh pemimpin tersebut.
Usulan berikut layak dipertimbangkan, mungkin akan ada hal yang lebih baik..?
Piket kelas belum berjalan, hal ini juga tidak tersedianya ruang piket dengan standart minimal (Kursi Tidak ada).
Pengelolaan raport yang belum optimal karena belum ada tempat yg layak untuk raport..
raport saat ini berada di Gudang barang bekas. yang nantinya menyebabkan raport lembab dan rusak.
Usulan tempat raport, yang baru jika di ijinkan di Ruang Pamer atau tetap di ruang gudang saat ini namun, gudang tersebut dipindah ke ruang yang lain,..
tks
28, okt 24
Usulan pendapat dipersilahkan pada link bawah ini, sebagai bentuk refleksi dan solusi serta respon sekolah terhadap kepedulian warga sekolah lainnya ?